Sunday, March 15, 2009

don't judge a book by its cover..

don't judge a book by its cover..
hmm,
pasti orang2 selalu bilang gtu,
kata orang2 yang penting isi tau..

tapi klo kata gw ya,
cover itu penting,
gw selalu membeli buku yg covernya gw suka
gw ga akan beli buku yg covernya norak dan serem.

gw tertarik beli buku yg design covernya simple dan menarik.
contohnya waktu itu, gw beli buku a boy in a stripped pyjamas karena covernya lucu,
warna biru muda garis2 gtu.
eh pas gw baca ternyata bagus bgt,
dan menurut gw, covernya sangat menggambarkan isi buku..
buku itu ceritanya tentang seorang anak umur 6 tahun yg hidup di lingkungan nazi dan yahudi.
cover buku yg simple menggambarkan pola pikir anak umur 6 tahun yg simple juga.

terus gw beli buku running with scissors karena covernya juga yang unik.
jadi gambar depannya cuma ada seorang anak kecil lagi nengok ke kiri, warna item putih.
trs backgroundnya putih sama ada sedikit oranye.
buku itu ceritanya tentang seorang anak yang hidup di tengah lingkungan yang sangat tidak cocok untuk anak seusianya, dia hidup dengan seorang ayah yang sedikit psycho, kemudian ibunya juga berkepribadian sedikit menyimpang. hidupnya memaksanya untuk dewasa lebih awal dari waktunya.
warna oranye yg kontras sama warna item putih menunjukkan itu,
that's my opinion loh yaa.

bukunya dewi lestari yang filosofi kopi juga menarik covernya,
simple banget, cuma ada gambar kopi doang, trs latar belakangnya item, sama judul..

yang rectoverso, gw suka warna covernya, tosca muda gtu.. bagus.
dan menurut gw covernya juga menggambarkan isi ceritanya,
warna tosca, klo kata temen gw ya, melambangkan sedih, sendu..
dan emang cerita di buku itu sedih2 gtu sih,
tentang kehilangan orang yang kita sayangi...


intinya,
gw ga setuju dengan statement,
don't judge a book by its cover! *artiin secara harfiah loh ya, bukan buat menilai seseorang, hee*

kenapaa?
karena design cover sebuah buku seharusnya juga menggambarkan isi cerita bukunya,
jadi harus menarik pembeli supaya mau beli dan baca bukunya..

3 comments:

  1. hahahay!
    oke tu dre..
    tapi..
    gw agak mikir..
    kalo itu juga bisa diterapin ke secara istilahnya kok!
    ..
    mang bener..
    jangan ngejudge sesuatu dari luarnya aja..
    tapi..
    kalo untuk tertarik?!
    pasti luarnya dulu lah yang diperhatiin..

    yang gw ambil sih ya..
    maksudnya tu..
    kayak lw ngeliat anak gaya metal..
    terus lw bilang,wah orang jahat tuh!
    padahal dia selalu rajin menolong ibunya pergi ke pasar..
    itu maksudnya dre..

    kalo di kasus lw..
    lw ngeliat buku filosofi kopiny dee!
    terus lw bilang..
    ni buku tentang masak n buat minuman hangat nih!
    padahal bukan..
    gitu nyooo~

    mnurut gw sih..
    maap kalo agak g penting..
    lagi pengen comment2 aja!
    makasihh

    n

    met malem!

    sweet dream bwt semua orang yang lagi tidur didunia inI!

    ReplyDelete
  2. memang tidak bisa dipungkiri, semua org melihat sesuatu pasti dari luarnya dulu.. hahaha.

    van, thanks ya udah jd follower blog gw. hee

    ReplyDelete
  3. dri baca2 blog gw juga yah...mirjabams.wordpress.com...blog lo serius bgt dah

    ReplyDelete